Tuesday, March 5, 2013

Alat Bantu yang Tepat untuk Mencuci

Perangkat cuci mobil

Sudah di bahas dalam tulisan sebelumnya, bahwa mayoritas cacat di permukaan kendaraan justru disebabkan oleh metode dan pemilihan alat bantu yang tak tepat.

Penggunaan 2 bucket method saja tak cukup untuk meminimalisasi timbulnya cacat di permukaan akibat kesalahan proses mencuci. Metode tersebut wajib diikuti pemilihan alat bantu yang tepat. Di bawah ini adalah pembagian beberapa daerah yang biasanya tersentuh dalam proses mencuci, dan alat bantunya masing-masing.

Bagian bawah
Bagian bawah kendaraan merupakan wilayah paling kotor, karena paling dekat dengan aspal. Bagian bawah meliputi daerah sekitar ban dan velg. Pada motor, selain daerah ban, wilayah ini juga meliputi wilayah sekitar blok mesin. Peralatan yang dibutuhkan:

- All purpose washmitt: gunakan bahan microfiber berkualitas tinggi untuk mencegah swirl dan scratch.

- All purpose microfiber: spesifikasi umum microfiber jenis ini adalah lebih tebal dibanding yang dipakai untuk buffing (menyapu) residu polish atau compound, namun lebih tipis daripada plush microfiber yang digunakan untuk quick detailer.

- Sikat: digunakan untuk menghilangkan noda-noda berat di bagian bawah

Body kendaraan
Body kendaraan didominasi permukaan cat yang di-clear coat, dan sangat rentan menderita swirl, scratch dan cacat lainnya. Untuk itu peralatan yang dipakai mesti bersifatt lembut, namun mampu mengangkat kotoran dengan baik. Peralatan yang dibutuhkan:

- Washmitt: washmitt terbaik sejauh ini adalah yang berbahan lambswool, namun jika tak ada bisa berbahan microfiber. Pastikan kualitasnya baik dan seratnya panjang. Jangan menggunakan washmitt yang sama untuk mengelap bagian  bawah

- Ember: Untuk meminimalisasi masuknya kotoran ke larutan shampo dan terbawa kembali ke body kendaraan, gunakan dua buah ember. Satu untuk larutan shampo dan lainnya untuk air bersih pembilas washmitt

Grit guard menahan kotoran di dasar ember
- Grit guard: meminimalisasi kemungkinan pasir dan debu di ember pembilas mengambang ke atas dan menempel pada washmitt. Saat ini beberapa detailer malah mempertimbangkan penggunaan double grit guard untuk memaksimalkan fungsinya

- Shampo: sebetulnya digunakan untuk seluruh bagian luar kendaraan. Pilih shampo khusus mobil yang memiliki ph balance untuk menetralkan kandungan berbahaya pada air. Shampo berkualitas tak akan mengikis lapisan wax jika kita mengaplikasikan sebelumnya

Pengeringan
- Waffle weave microfiber: siapkan waffle weave cadangan, untuk mengantisipasi jika lap pertama sudah terlalu basah dan tak bisa menyerap sempurna

Kaca
- Waffle weave glass towel: gunakan untuk menyeka sisa air sekaligus menjernihkan permukaan kaca

Lain-lain
Di atas adalah daftar peralatan bantu yang umumnya digunakan oleh para detailer atau detailing enthusiast. Ada beberapa alat bantu lain yang digunakan para detailer yang menginginkan hasil lebih sempurna, di antaranya:

- Wet and dry vacuum cleaner: tanpa menyentuh permukaan kendaraan, scratch dan swirl tak akan terjadi. Air sisa bilasan langsung sedot saja!

- Kompresor: mengusir air dari sudut-sudut tak terjamah.

- Water blade: alternatif untuk menyapu sisa air dari kaca. Saat ini malah sudah diproduksi water blade yang diklaim aman untuk seluruh permukaan cat. Lebih efektif dari waffle weave pada permukaan yang lebar.

-Lap chamois: tak lagi direkomendasi untuk permukaan cat dan clear coat, namun mungkin dipertimbangkan untuk bagian-bagian "kotor"

- Sarung tangan: melindungi tangan dari kotoran yang sulit, seperti bekas oli.

- Dan seterusnya: cotton bud, busa, kuas dan lainnya, sejauh kreativitas. Batasannya adalah aman buat permukaan kendaraan.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © . Tips dan Trik Auto Detailing by Hand - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger